Merubah Final Ratio KLX 150 Agar Lebih Bertenaga


Beberapa waktu yang lalu saya mengganti Gear depan KLX 150, penggantian gear ini saya lakukan karena merasa mesin agak kurang ketika di tanjakan, maka dari itu power pada putaran rendah ingin saya naikan agar lebih bertenaga.

Setelah saya membaca beberapa artikel di internet akhirnya saya putuskan untuk mengganti Final Gear Ratio KLX 150. Sebenarnya banyak cara untuk meningkatkan performa motor trail, bisa dengan penggantian Karburator, pengapian, hingga menambah kubikasi mesin tapi saya rasa hal itu agak ekstrim sebab memiliki resiko yang tinggi. Penggantian Final gear ratio saya pilih karena lebih murah dan aman karena tidak perlu mengotak-atik mesin.

Sebelum saya bahas lebih lanjut, Final gear ratio adalah perbandingan antara ukuran gear depan dengan gear belakang sepeda motor. Biasanya ukuran paling tepat adalah gear dengan ukuran bawaan pabrik, karena sudah disesuaikan dengan kebutuhan secara umum, tetapi tidak jarang orang merubah perbandingan tersebut untuk disesuaikan dengan kebutuhan.
 
Gear depan KLX 150 13T merk SSS

Pada KLX 150, Final gear ratio nya adalah  3,28 yaitu didapat dari perbandingan gear belakang di bagi gear depan. Ukuran gear depan pada KLX 150 standar yaitu 14T sedangkan belakang 46T sehingga 46/14=3,28. Pada kondisi seperti ini, KLX  bisa melaju dengan kecepatan hingga 100kmh di jalan rata dan  agak payah ketika diajak untuk melaju di tanjakan.

Nah kali ini saya mengganti gear depan menjadi  ukuran 13T. Gear  merk SSS ini saya dapatkan di salah satu bengkel asesoris motor trail yang berada di  daerah Pucang, Banjarenegara. Penggantian dari 14T ke 13T  merubah perbandingan menjadi  46/13= 3,53. Angka perbandingan ini sama halnya dengan mengganti gear belakang dari 46T ke 50T tetapi saya lebih memilih untuk mengecilkan gear depan karena tidak memerlukan tambahan mata rantai. Dan yang perlu di ketahui, semakin besar angka perbandinganya maka semakin besar tenaga dan  semakin turun Top speednya.

Pemasangan Gear di Bengkel Kawasaki santosa motor Banjarnegara

Lalu apa pengaruhnya setelah diganti? Yang dirasakan pertama kali setelah mengubah gear depan adalah Enteng ditanjakan! Tetapi imbasnya jelas, yaitu top speed menjadi turun, pada gigi 5 saya hanya  bisa melaju pada 90 kmh dengan getaran pada stang yang sangat menggangu. Hal itu tak menjadikan masalah karena saya tidak begitu mementingkan kecepatan.

oh iya, Gear depan saya ganti  di bengkel resmi Kawasaki yang berada di Jl. letjend Soeprato atau di depan Bioskop lama Cahyana Banjarnegara, setelah pemasangan mas mekanik langsung mengetesnya untuk mengecek traksi rantai, dengan mudahnya KLX 150 diajak wheelie. penggantian part kali ini saya mengeluarkan biaya 50 ribu untuk Gear 13T merk SSS dan 10 ribu untuk biaya pemasangan. Havid Adhitama






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Merubah Final Ratio KLX 150 Agar Lebih Bertenaga"

Posting Komentar