Tempat Pembuatan Candi Dieng Di Temukan!

Tim Ekspedisi Serayu Temukan Tempat Pembuatan Candi Dieng


Tim Pengamatan Bidang Sosial Budaya Serayu berhasil menemukan tempat yang diduga merupakan bengkel kerja dibuatnya candi Dieng. Tempat tersebut berada di lereng Dusun Dadapan Desa Siti Harjo Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah, tepatnya di sebelah barat sungai Lawang yang bermuara ke sungai Serayu. Saat ini tempat tersebut tertutupi tanaman pertanian ubi jalar milik warga.

Bapak Masrukhin (mantan Kades Siti Harjo) yang menunjukkan tempat tersebut kepada kami. Menurut Masrukhin, di tempat tersebut pernah ditemukan beberapa arca dan bagian candi berupa yang bentuknya tidak utuh. Kemungkinan di sini adalah tempat pembuangan bahan candi yang tidak terpakai, karena arca yang ditemukan tidak lengkap bagiannya. Ada arca berbadan singa berkepala manusia, kemuncak, serta talang yang akhirnya di ambil oleh bapak Masrukhin. Ia juga mengatakan bahwa Balai Arkeologi dari Jakarta pernah datang meneliti ke tempat itu pada tahun 1980-an. Namun tidak ada tindak lanjut setelah itu sampai sekarang. 

Bapak Masrukhin sedang menunjukan salah satu batu Andesit 

Masih sangat mungkin terdapat banyak arca dan bagain candi yang berada di lahan pertanian itu. karena dilahan itu terlihat beberapa batuan andesit seperti bahan pembuatan candi. Beberapa bahkan seperti batu yang sengaja dipotong, terlihat dari konturnya yang sangat mirip potongan.

menurut salah satu sejarawan, Tsabit Adzinar, hal tersebut dianggap wajar ketika daerah itu merupakan tempat pembuatan bahan-bahan candi Dieng, karena percandian Dieng kemungkinan dibangun pada abad 7 masehi. Sangat mungkin jika batuan tersebut merupakan bahan-bahan pembuatan candi sebelum dibawa ke Dieng, karena jika ditarik lurus, kawasan Garung  memang sejajar dengan percandian Dieng melalui arah Sambongan.

Temuan ini bisa dibilang sangat penting karena bisa jadi mengungkap tabir sejarah Dieng yang masih remang-remang. Jika berhasil, bisa jadi itu akan dapat mengungkap hal-hal lain seputar sejarah kerajaan Hindu di Jawa Tengah. Narasumber: Heni Purwono, Ketua Tim Sosbud Ekspedisi Serayu. Posted by Havid Adhitama 

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tempat Pembuatan Candi Dieng Di Temukan!"

  1. semakin dieksplorasi, semakin banyak terungkap...

    BalasHapus
  2. iya mas, sayanngnya yang udah mulai tercerhkan malah berhenti eksplorasinya.

    BalasHapus