VAw4HBTsJIe15camAdLyxmr6Gko2NgDKdvrlkFP2

Ngopi Di Kebun Teh! Kertosari Kalibening


Ngopi di tengah hamparan perkebunan teh? Tentu saja mendatangkan suasana yang berbeda. Kali ini saya akan sedikit mereview lokasi ini, yaitu Kebun teh Kertosari yang berada di kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara.

Kebun teh Kertosari ini merupakan bagian dari perkebunan teh PT. Pagilaran yang dimiliki oleh fakultas pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM). Meskipun demikian, seiring berjalanya waktu perkebunan teh milik Pagilaran tidak hanya mengolah daun teh dan kakao, tetapi juga mengelola lahan perkebunan menjadi objek wisata, khususnya perkebunan yang berada di kabupaten Batang. Namun kali ini saya tidak akan membahas Pagilaran sektor Batang, tetapi membahas Kebun teh Kertosari yang belum lama ini dikelola menjadi coffe shop oleh pemuda sekitar.

Lokasinya sangat strategis, yaitu berada di jalan raya Wanayasa-Kajen Km. 7. Jalan ini juga menjadi jalur wisatawan yang akan menuju dataran tinggi Dieng dari arah Pekalongan, sehingga sangat ideal sebagai lokasi transit sebelum melanjutkan perjalanan ke Dieng dari arah Pekalongan maupun sebaliknya.

Arabica Vietnam Drip yang Saya Pesan
Cukup dengan membayar parkir sebesar 5 ribu/ kendaraan, teman-teman sudah bisa mengeksplor kebun teh sesuka hati. Namun saya lebih suka menikmati suasana di lokasi ini, dengan memesan secangkir kopi dan duduk di bangku yang sudah disediakan. Pemandangan teh yang terhampar luas benar-benar bisa merefresh mata dan pikiran, ditambah lagi view jalanan yang tenang di tengah hamparan hijaunya tanaman di sekitar. Tentu pemandangan yang sangat istimewa.

Saya sangat suka dengan konsep coffe shop di sini, bangku dan meja yang disediakan selaras dengan view yang ada, sehingga sangat terkesan natural dan tidak “Norak”, foto deck untuk berfoto pun memiliki material kayu yang selaras. Tidak ada spot foto love-love alay yang merusak pemandangan.

Kopi yang disediakan di sini juga beragam, dari kopi Vietnam drip, v60 hingga kopi tubruk biasa. Untuk varietas yang disajikan saya kurang paham arabika dan robusta dari mana. Saat berkunjung, saya memesan Arabica Vietnam Drip dan rasanya lumayan untuk harga di bawah 20 ribu.

Photo Deck yang disediakan. In Frame Teman Saya dari IPB

Waktu yang ideal untuk berkunjung ke lokasi ini sebenarnya di sore hari, ketika matahari mulai terbenam. Spot yang ada menghadap ke arah barat sehingga cocok untuk menikmati senja ala anak indie, hanya saja perlu dipastikan kalian berkunjung ke sini pada musim kemarau, sebab di musim penghujan spot akan basah karena lokasinya semi outdoor, kadang kala di musim penghujan pengelola juga tidak membuka tempat ngopi ini.

Cocok untuk Hang out ramai-ramai

 

Havid Adhitama
An Licenced Amateur Radio, Travel Enthusiast, Love about Nature, Sosio-Culture And Outdoor Activity.

Related Posts

2 comments

  1. duh kebayang enaknya ngopi di kebun teh, nanti kalo saya berkesempatan mampir ditemenin ya Om ...

    salam de YC1LBQ

    Eri Anggoro Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap om Eri, Ditunggu Eksplor ke Banjarnegara lagi hihi

      Delete