VAw4HBTsJIe15camAdLyxmr6Gko2NgDKdvrlkFP2

HT SSB untuk FT8 | Tutorial Upgrade HT Quansheng UV-K5

 

Sebelumnya, pada artikel “Quansheng UV-K5, Perangkat Sakti "Nguping" Sinyal Radio!” sudah sedikit saya ulas terkait fitur-fitur unik yang membuat HT Quansheng UV-K5 ini menjadi incaran para penggiat amatir radio dan juga menjadi hot topic untuk opreker Internasional. Bagaimana tidak? HT ini benar-benar menjadi game changer dunia per-HTan, HT yang biasanya memiliki fungsi untuk komunikasi spesifik, kini benar-benar berbeda setelah Quansheng merilis produknya yang fenomenal dengan harga yang terjangkau.

Kemampuan HT Quansheng untuk bisa bekerja di frekuensi 18mhz hingga 1300mhz dengan berbagai modulasi ini tidak dirilis resmi secara pabrikan, melainkan hasil experiment teman-teman penggiat amatir radio dari luar negeri yang menemukan celah bahwa HT Quansheng UV-K5 ini memiliki hardware yang “fleksibel” dan memungkinkan untuk dieskplorasi. Dari kondisi tersebut, penggiat amatir radio yang berkiprah di Github seperti @Fagci, @Tunas1337, @Amnemonic dan @sq5bpf melakukan reverse engineering untuk membuat firmware yang memungkinkan untuk custom fitur pada HT Quansheng UV-K5 secara optimal.

Tidak berhenti di situ, mereka membuat firmware dan merilis elementnya secara open source di Github yang menjadikan setiap user bisa memilih dan mencustom secara mandiri firmware yang akan dipakai. Nah, hal tersebut membuat firmware yang ada pada saat ini sangat banyak jenis dan macamya karena setiap orang memungkinkan untuk meengopreknya sendiri.

Namun untuk kali ini saya akan memberikan tutorial yang praktis menggunakan Firmware yang sudah jadi, dan kita hanya perlu mengunggahnya ke perangkat. Langsung saja berikut tutorialnya:

Siapkan Alat dan software

  • Kabel USB Pemrogram
  • HT Quansheng UV-K5
  • Aplikasi Portable Radio Updater
  • Firmware HT 

Alat yang diperlukan yaitu USB Programable, USB ini sama persis dengan USB pemrogram milik Baofeng seperti berikut:

Kabel USB Pemrogram 

Kemudian siapkan Aplikasi Uploader Bernama “Portable Radio Updater” anda bisa mendownloadnya pada link berikut: Download di sini

Dan Firmware yang akan kita unggah, anda bisa memilih firmware sesuai kebutuhan anda di laman Github ini atau memakai yang sama persis dengan yang saya gunakan, anda bisa mendownloadnya pada link ini. 

Langkah

Langkah Pertama, masukan HT Quansheng UV-K5 ke mode program dengan cara Menekan tombol PTT bersamaan dengan memutar Knob volume untuk menghidupkan. Lampu LED putih akan menyala namun layar HT OFF, jika sudah demikian silakan sambungkan kabel USB programable ke HT dan Komputer. Pastikan anda sudah menginstal driver USB ini yaitu driver USB CH340.

Kondisi HT pada Mode Program, LED Nyala LCD Mati

Setelah terkoneksi dengan baik, cek Port COM yang digunakan  melalui Device Manager. Lalu buka aplikasi Portable Radio Updater yang sudah di download tadi.

Port COM list pada Device Manager
Pada menu ini, silakan pilih port COM yang terdeteksi dari USB pemrogram, kemudian pada kolom program file pilih file .BIN firmware yang akan kita unggah. Jika sudah, silakan klik Update, LED indikator pada HT akan berkedip ketika file sedang diunggah. Jika sudah selesai, HT akan ter-restart secara otomatis.

Tampilan Aplikasi Portable Radio Updater

Selamat, HT Quansheng anda sekarang bisa TX RX dari frekuensi 18mhz hingga 1300mhz dengan modulasi FM, AM, RAW, BYP dan SSB. Meskipun bisa RX SSB atau Single Side Band,  HT ini belum bisa memancar secara SSB melainkan memancarkan DSB (Dual Side Band). Masalah ini sedang dipecahkan oleh rekan-rekan di Forum. Namun HT ini sudah mampu digunakan untuk bermain FT8 dengan Firmware fagci mod special packed v1.58.

Berikut Fitur dan Penjelasan:

Tampilan depan
Pada tampilan depan, anda bisa memasukan frekuensi pada mode VFO dari 18mhz hingga 1300mhz dengan keypad kemudian klik PTT untuk enter.
Fitur Spectrum 
Pada fitur spektrum, dari halaman depan anda cukup menekan tombol F (Function) kemudian tekan lagi angka 5. Sebab fitur ini mereplace fungsi dari mode NOAA. Pada fitur spectrum ini, angka 0 berfungsi untuk mengubah modulasi dari AM, FM, SSB, BYP, dan RAW. Tombol 6 berfungsi untuk mengatur bandwidht RX, Tombol 4 untuk zoom spectrum waterfall, 1 dan 7 untuk up and down range, 2 dan 5 untuk up and down waterfall, kemudian 3 dan 9 untuk up and down Squelch. Jika pada saat anda scanning mendapat frekuensi dan ingin berbicara bisa langsung pencet PTT. Pada saat anda menekan tombol PTT anda juga akan membuka fitur S meter seperti pada gambar berikut:

Fitur S meter
Pada fungsi ini anda juga bisa leluasa mengatur parameter penerimaan agar modulasi bisa disesuaikan dengan keinginan anda. ohiya, meskipun HT ini bisa untuk transmit di berbagai frekuensi Non amatir radio, anda harus bijak dan tidak bisa sembarangan asal memancar. hal ini bisa sangat membahayakan orang lain.

Sesuai dengan judul, Firmware ini sudah terbukti berhasil untuk komunikasi digital FT8, hal ini disampaikan oleh rekan amatir radio di twitter F4FEY om Maxime dari Prancis.

https://twitter.com/maxime_manceau/status/1733832389476884805?s=46&t=JVul3xeJUU4sTy3UXpH8Yw

*Disclaimer Artikel ini bertujuan untuk sharing hasil experiment, silakan gunakan informasi ini dengan bijak dan tidak melanggar regulasi spectrum radio yang ada di Indonesia. de YD2CLX, 73.

Havid Adhitama
An Licenced Amateur Radio, Travel Enthusiast, Love about Nature, Sosio-Culture And Outdoor Activity.

Related Posts

1 comment

  1. Terimakasih mas, Artikel nya menarik- menarik..... menunggu artikel selanjutnya seputar radio...

    ReplyDelete