Sumur Jalatunda yang Penuh Cerita



Sumur Jalatunda adalah salah satu objek wisata yang berada di Dieng, Lebih tepatnya di desa Pekasiran, Batur, Banjarnegara dan masih satu komplek dengan Telaga Sidringo dan Kawah Candra Dimuka, Sumur ini bukanlah sumur biasa, melainkan sebuah kubangan air raksasa yang memiliki diameter  lebih dari 100 meter dan kedalamanya yang diperkirakan juga lebih dari 50 meter.

untuk menuju kesini, anda memerlukan waktu sekitar 15 menit dari komplek Candi Arjuna atau Dieng kulon, jika anda dari arah Dieng anda bisa melalui jalan Simpangan desa Karang tengah dan menuju arah Pekasiran, anda akan melewati salah satu sumur Geothermal milik PT. Geodipa energi yang ber kode welpad 7.

Sumur Jalatunda dahulunya merupakan sebuah  kawah yang sekarang sudah tidak aktif lagi, yang terbentuk pada masa lampau ketika gunung Dieng mengalami erupsi besar yang hingga sekarang hanya meninyisakan kawah-kawah dan fenomena vulkanisme lainya. 

tetapi jika diulas menurut cerita masyarakat  sekitar, Sumur Jalatunda konon dulunya adalah Jejak dari kaki tokoh pewayangan Werkudara yang sedang Marah dan menghentakan kakinya ke tanah kemudian terbentukalah sumur tersebut, selain itu Sumur Jalatunda juga dipercaya barang siapa yang dapat melempar batu dan batu itu jatuh di tengah sumur tersebut maka permintaanya akan terkabul. 

dan yang masih menjadi misteri di sumur Jalatunda  hingga saat ini adalah tentang keberadaan harta karun di dasar sumur  tersebut, diyakini bahwa harta kerajaan Mataram kuno yang bernama kerajaan Kalingga Pura  dahulu dibuang  ke suatu tempat ketika kalah perang untuk menghindari penjarahan oleh lawan, dan masyarakat sekitar percaya tempat itu adalah Sumur Jalatunda, tetapi semua itu belum terbukti kebenaranya dan hanya sebuah cerita rakyat dan hanya waktu yang bisa menjawabnya. Silakan untuk Berkunjung Kesini.
 Ditulis dan Dipublikasikan Oleh  Havid Adhitama

Lokasi Sumur Jalatunda

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sumur Jalatunda yang Penuh Cerita"

Post a Comment