VAw4HBTsJIe15camAdLyxmr6Gko2NgDKdvrlkFP2

Cracking Mengubah HT Baofeng 888s UHF Menjadi VHF

 

Baofeng BF-888s

Seperti yang teman-teman ketahui, bahwa Handy Transceiver / HT produksi Cina semacam Baofeng, Taffware, Weirwei, Fastcom dll sebenarnya memiliki kontruksi yang sama dari segi desain, fitur hingga software. Yang membedakan hanyalah stiker yang dijadikan merk oleh distributor. Sehingga ketika ditanya HT cina apa yang paling oke? jawabanya semua sama. Beberapa variasi dan fitur tambahan berkesan gimmick, apa lagi klaim power 20 watt yang tidak masuk akal untuk HT saat ini.

Namun terlepas dari segala gimmick dan klaim spesifikasi yang tidak masuk akal, terdapat celah yang bisa dibilang “Bonus”. Khususnya untuk HT seri paling murah dari Baofeng, yaitu BF-888s. HT ini tidak memiliki monitor dan tidak memiliki keypad untuk merubah frekuensi. Untuk penggunaanya, HT BF-888s hanya dibekali fixed memory dan knop 16 channel untuk menggeser frekuensi.

Setelan default HT BF-888s ini adalah 16 frekuensi UHF. Untuk mengubah memori frekuensi pada HT tersebut diperlukan pemrograman menggunakan software di komputer. Meskipun HT ini secara default berkerja pada rentang frekuensi 462mhz hingga 469mhz, ternyata transistor final / mosfet yang dipakai pada 888s ini berkerja dari 140mhz hingga 500mhz. Maka dari itu HT 888S sebenarnya bisa dipakai untuk komunikasi pada frekuensi VHF atau 2 meter band.

Untuk Cracking frekuensi HT BF-888s ini tidak memerlukan ubahan pada komponen di dalam board, hanya memerlukan pemrograman ulang melalui software Chirp yang akan saya jelaskan setelah ini. untuk itu, teman-teman bisa menyiapkan software Chirp dan kabel pemrograman  seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya, pada artikel tersebut terdapat link download software dan tutorial dasar penggunaan aplikasi Chirp. Silakan klik link ini untuk menuju artikel tersebut.

Untuk itu langsung saja saya jelaskan Step selanjutnya pasca HT sudah terkoneksi dengan komputer melalui kabel pemrograman dan sudah melakukan cloning memory ke aplikasi Chirp seperti pada artikel sebelumnya:

Pada tab help, silakan klik Enable Developer Function hingga muncul Checklist seperti gambar di bawah ini

Enable Developer Function

Kemudian Klik tab Setting di bawah tab memories, dan pilih Root. Jika sudah terbuka maka silakan klik memory [16]

Root, Selecet Frequency Channel

Pada tab memory [16] tersebut akan muncul settingan seperti gambar di bawah ini, pilih salah satu list frekuensi yang ada dan silakan isikan rxfreq dan txfreq dengan frekuensi VHF yang dikehendaki, jika akan digunakan untuk komunikasi simplex maka isikan frekuensi yang sama pada kedua kolom, jika ingin digunakan untuk mengakses repeater, silakan isikan frekuensi TX dan RX sesuai dengan frekuensi input output repeater.

Rewrite UHF frequency using VHF frequency 

Pastikan digit frekuensi yang dimasukan benar agar tidak menimbulkan error pada saat writing data ke HT. Jika semua settingan dirasa sudah benar, silakan klik tab Memories dan lakukan pengunggahan data dengan cara klik tab Radio dan pilih Upload to Radio. Selamat, sekarang HT Baofeng BF-888s anda berkerja pada frekuensi 2 meter band VHF. Ohiya, Jangan lupa sesuaikan antenna HT menggunakan antenna dual band, karena antenna bawaan BF-888s hanya berkerja pada frekuensi UHF.

 

Newest Older
Havid Adhitama
An Licenced Amateur Radio, Travel Enthusiast, Love about Nature, Sosio-Culture And Outdoor Activity.

Related Posts

1 comment

  1. https://drive.google.com/file/d/1-IyhfGVosP8cs-_bUyOsb64aTQtcwuoX/view?usp=drivesdk

    ReplyDelete