VAw4HBTsJIe15camAdLyxmr6Gko2NgDKdvrlkFP2

Cara Setting Frekuensi HT Untuk Komunikasi Via Satelit ISS dan IO-86

 

Programing HT menggunakan Chirp

Pada artikel sebelumnya sudah saya bahas terkait Cara Komunikasi Melalui Satelit IO-86 LAPAN A2 ORARI. Sudah saya singgung terkait sejarah, misi, hingga tutorial dasar untuk mengakses dan berkomunikasi dengan Voice Repeater FM pada satelit IO-86 menggunakan HT China dual band. Untuk itu, pada artikel ini akan saya jelaskan lebih rinci terkait cara setting frekuensi downlink dan uplink satelit pada HT menggunakan aplikasi Chirp.

Pada tutorial kali ini saya menggunakan HT Baofeng UV-5R, saya rasa HT ini cukup universal untuk mewakili HT cina, karena firmware dan fitur yang dipakai pada HT cina lain semacam Fastcom, Woxun, Taffware sangat mirip atau malah bisa dibilang sama dengan HT Baofeng ini.

Sebenarnya untuk setting frekuensi uplink dan downlink sateit IO-86 maupun ISS bisa dilakukan secara manual dengan setting memory channel maupun duplexing cross band. Akan tetapi, pada tutorial kali ini saya akan memberikan panduan yang lebih praktis menyetting frekuensi melalui komputer dengan bantuan aplikasi Chirp.

Langkah pertama dalam setting Uplink dan Downlink frekuensi satelit pada HT, teman-teman perlu menyiapkan perangkat berikut:

  • -       HT Dual Band UHF / VHF
  • -       Kabel Data HT
  • -       Aplikasi Chirp
  • -       Komputer/Laptop Windows

Untuk Aplikasi Chirp dan File pemrograman frekuensi saya berikan link downloadnya di akhir postingan ini. Kabel pemrograman khusus HT dengan 2 jack audio di samping yang berguna sebagai port data mungkin perlu sedikit effort untuk mendapatkanya karena tidak disertakan pada paket pembelian HT. Jika teman-teman belum memilikinya, bisa dibuat sendiri dengan USB serial, namun saya prefer untuk beli saja di toko oren karena harganya cukup murah, hanya berkisar 30 ribuan saja.

Kabel USB untuk memprogram HT Cina

Setelah perangkat yang dibutuhkan lengkap, silakan install aplikasi Chirp yang sudah di download. Kemudian koneksikan kabel USB ke komputer.

Cek USB Serial pada Device Manager

Kabel USB Serial ini menggunakan chip pemrograman CH340, pastikan komputer sudah diinstal driver USB CH340. Untuk mengeceknya, bisa dilihat pada Device Manager pada bagian COM Port. Cek pada nama perangkat jika sudah muncul seperti gambar maka bisa digunakan. Namun jika masih unidentified device, silakan install driver USB CH340 terlebih dahulu. Hafalkan nomor COM Port yang digunakan. Di sini Port yang digunakan adalah Port COM 17.

Sebelum HT dipasangi kabel USB, silakan diposisikan pada kondisi OFF. Setelah HT dan USB terkoneksi dengan komputer, silakan hidupkan HT pada mode VFO (Tombol Oranye). Selepas itu buka Aplikasi Chirp.

Cloning Data Radio

Pada aplikasi Chirp, silakan pilih menu Radio, kemudian pilih Download From Radio. Selepas itu akan muncul POP UP seperti berikut:

Dialog Box Konfigurasi

Pada dialog box tersebut, silakan pilih COM port yang sesuai dengan urutan pada device manager tadi, disini yaitu COM 17. Selanjutnya pilih merk radio dan seri radio yang akan di program. Di sini saya atur merk Baofeng seri UV-5R. selanjutnya klik OK dan tunggu hingga proses cloning selesai, LED pada HT akan berkedip pada saat cloning data.

Proses Cloning

Setelah data tercloning, akan muncul tabel memory channel yang pernah diisikan sebelumnya, jika HT yang di pakai adalah HT baru maka tabel akan kosong. Untuk setting frekuensi Uplink dan Downlink komunikasi satelit IO-86 dan ISS, teman-teman bisa langsung membuka FILE .img yang saya sediakan pada link download di bawah menggunakan aplikasi CHIRP dengan cara pilih menu FILE kemudian OPEN file .img yang sudah di download tadi.

Isi file .img yang siap diunggah

Pada tabel ini teman-teman bisa mengatur memory frekuensi sesuka hati, menambah frekuensi baru atau memberi nama tiap channel yang sering dipakai. Yang terpenting tidak merubah settingan list frekuensi yang saya buat pada file tersebut. Tiap satelit memiliki tiga channel frekuensi untuk koreksi efek doppler pada saat satelit awal muncul (AOS), satelit tempat di atas kita (TCA) dan ketika satelit sudah melewati atas kita (TCA). Yang berbeda pada tiap memory channel tersebut adalah penurunan bertahap 10khz pada tiap posisi.

Jika sudah selesai mengedit tabel tersebut, silakan upload tabel frekuensi tersebut dengan cara mengeklik menu Radio dan Upload to Radio, akan muncul dialog box lagi, silakan pastika COM Port sudah sesuai. Kemudian klik OK.

Upload List Channel Freuensi ke HT

Pada saat pengunggahan program baru, LED pada HT juga akan berkedip dan otomatis restart. Setelah terestar, silakan lepas kabel dan cek pada mode memory untuk mengecek apakah program berhasil. Sekian tutorial pemrograman frekuensi HT untuk komunikasi satelit dari saya, jika ada pertanyaan silakan tulis pada kolom komentar.

HT berhasil Di Program Ulang

 

Link Download Aplikasi Chirp 

Link Download File .img List Frekuensi Satelit ISS dan IO-86


 

Havid Adhitama
An Licenced Amateur Radio, Travel Enthusiast, Love about Nature, Sosio-Culture And Outdoor Activity.

Related Posts

Post a Comment