VAw4HBTsJIe15camAdLyxmr6Gko2NgDKdvrlkFP2

Menghindari Calo Tiket? Tips & Trik Berlibur Ke Karimunjawa!

Sebelumnya, pada artikel “Mengunjungi Destinasi Terbaik di Karimunjawa dalam Waktu Singkat! | Island Hopping Trip” sudah saya ceritakan perjalanan 3D2N ke Kepulauan Karimunjawa. Namun beberapa rekan menanyakan perihal bagaimana agar terhindar dari calo tiket kapal ferry ketika akan menyebrang dari Pelabuhan Kartini Jepara. Memang beberapa waktu yang lalu sempat viral video yang menunjukan wisatawan sedang marah-marah karena sudah antri tiket di pelabuhan sejak dini hari namun tidak kebagian tiket ferry karena sudah diborong oleh calo.

Hal ini tentu cukup mengganggu, apalagi harga jual tiket ferry via calo dimarkup hingga 2 kali lipat dari harga semestinya. Nahh, pada artikel ini saya akan mengulas beberapa tips ketika berlibur di Karimunjawa, termasuk tips agar tehindar dari calo!

 

Cek Waktu Keberangkatan

Terkait kapan kalian akan berlibur di Karimunjawa menjadi hal yang krusial, sebab ini berkaitan dengan kenyamanan perjalanan dan experience yang didapatkan. Idealnya berkunjung ke Karimunjawa yaitu pada pertengahan tahun saat musim kemarau yaitu bulan Juni hingga awal September.

Musim berkaitan dengan cuaca dan juga tinggi gelombang air laut, sebab ketika musim hujan gelombang air laut juga naik dan fluktuatif. Beberapa kondisi tidak dapat diprediksi yang memungkinkan aktivitas penyebrangan dihentikan. Pada akhir tahun 2022 kemarin, aktivitas penyebrangan Jepara-Karimunjawa ditiadakan selama 2 minggu karena cuaca buruk.

Dari data yang saya baca terdapat 300an wisatawan yang tertahan di Karimunjawa, parahnya lagi kebutuhan pokok di pulau tersebut menipis karena pasokanya terhambat. Pastikan sebelum keberangkatan mengecek prediksi cuaca via Ventusky atau rilisan BMKG agar bisa mempersiapkan kemungkinan yang terjadi.

Selain itu, ketika kita berlibur dimusim penghujan akan sangat berisiko sewaktu snorkling ataupun island hopping dengan perhau kecil. Lebih baik tunda hingga musim kemarau agar puas menikmati pemandangan laut yang cantik di bawah terik matahari.

 

Ikut Paket Trip Tanpa Penginapan

Dari pengalaman saya kemarin, perhitungan paling fair yaitu ketika kita berangkat ke Karimunjawa via biro wisata namun dengan paket bebas. Paket bebas yang dimaksud yaitu paket wisata exclude hotel dan makan. Kita hanya “beli jasa” untuk mendapatkan tiket kapal, sewa motor dan paket snorkling. Untuk Hotel dan makan selama di Karimunjawa lebih puas ketika kita survey sendiri.

Ketika kita trip dengan paket bebas tersebut, otomatis kita akan mendapatkan harga sewa motor yang sangat murah dibanding sewa sendiri di persewaan, kemudian ketika snorkling pun kita tidak kebingungan untuk mencari barengan kapal untuk menuju spot, dan yang paling utama yaitu kita tidak perlu mengkhawatirkan pembelian tiket ferry. Dengan paket bebas inipun kita bisa leluasa menjelajah Karimunjawa dari ujung ke ujung tanpa terbatas oleh schedule yang diberikan oleh biro.

 

Pilih Kapal yang sesuai!

Untuk penyebrangan dari Pelabuhan Kartini Jepara ke Karimunjawa, hanya ada 2 opsi armada. Yaitu Ferry dari ASDP dan kapal cepat Express Bahari, saya sengaja mencoba 2 armada tersebut. Ketika berangkat saya menaiki Express Bahari dan sewaktu pulang menaiki Ferry. Tentu saja berbeda pengalaman yang didapat, harga Express Bahari lebih mahal 2x lipat daripada kapal ferry, namun perjalanan hanya 2 jam. Sedangkan kapal ferry memakan waktu 5 jam.

Tempat duduk Express Bahari lebih manusiawi dan guncangan tidak begitu terasa, sedangkan Ferry mesti berebut kursi dan terombang-ambing dahsyat ketika perjalanan. Saya rasa hal tersebut memang linear dengan harga. Hanya saja ketika anda berencana membawa kendaraan pribadi, otomatis anda harus naik ferry sebab Express Bahari tidak bisa membawa mobil atau motor.

Lantas bagaimana agar terhindar dari calo tiket kapal semisal kita akan berangkat tanpa biro? Untuk hal tersebut kalian hanya perlu naik Express Bahari, sebab tiket kapal cepat Express Bahari bisa dibeli secara online jauh-jauh hari. Hal tersebut sedikit mengurangi permasalahan daripada mesti mengantri tiket tanpa kepastian di Pelabuhan dan mengacaukan plan perjalanan kalian.

Oke cukup sekian tips berkunjung ke Karimunjawa, semoga bisa sedikit membantu kalian yang berencana berlibur ke Karimunjawa. Jika ada yang ingin ditanyakan, I’m feels free to ask.

 


Havid Adhitama
An Licenced Amateur Radio, Travel Enthusiast, Love about Nature, Sosio-Culture And Outdoor Activity.

Related Posts

Post a Comment