VAw4HBTsJIe15camAdLyxmr6Gko2NgDKdvrlkFP2

Gunung Tampomas dan Ramalan yang menjadi kenyataan


Gunung Tampomas adalah sebuah gunung batu yang secara administratif berada di desa Gentansari, kecamatan Pagedongan, Banjarnegara. anda dapat menuju kesini dengan memenpuh waktu sekitar 25 menit dari Jalan Raya Bawang dengan melewati trek yang sedikit terjal.

Gunung Tampomas adalah gunung batu yang di tambang materialnya untuk pembangunan waduk mrica  yang digunakan oleh PT. Indonesia Power  untuk menggerakan  generator yang listriknya dialirkan ke seluruh pulau jawa dan bali. Sekarang Gunung Tampomas hanya tersisa tebing tebing curam bekas galian batu dan  kolam-kolam genangan yang sekarang menjadi tempat pemancingan bagi warga sekitar.



menurut ramalan yang pernah ada di warga sekitar, jika gunung tampomas longsor akan sampai ke sungai serayu dan akan membawa kemakmuran, dan mitos itu benar-benar terbukti, bebatuan material gunung tampomas digunakan untuk membangun bendungan Jendral Soedirman yang membendung aliran sungai serayu dan keduanya bertemu, dan tak hanya itu, pembangunan bendungan tersebut benar-benar membawa kemakmuran bagi Banjarnegara, saluran irigasi selalu mengalir dari bendungan dan produksi listrik dapat memenuhi kebutuhan listrik, sayangnya sekarang Waduk mrican atau bendungan Jendral Soedirman mengalami sedimentasi atau pengendapan yang terjadi akibat erosi di daerah aliran sungai atau DAS Serayu yang memiliki hulu di Tuk Bimalukar Dieng, sebagian material sedimentasi diperkirakan akibat pertanian kentang di daerah dieng yang menggarap lahan di perbukitan dengan membabat pepohonan sehingga erosi tanah tetap berlangsung, akibatnya daya tampung waduk mrican berurang dan produksi listrik pun berkurang.

sekarang gunung Tampomas digunakan sebagai tempat pemancingan dan objek wisata alam yang unik, tebing-tebing disini juga sangat potensial untuk dikembangkan  olaharaga rockclimbing, selain itu gunung tampomas juga sangat digemari oleh fotografer lokal maupun luar daerah untuk tempat pemotretan. mampirla kesini jika anda sedang berada di banjarnegara untuk menikmati keindahan alam yang mengagumkan. 

Ditulis dan di Post oleh  Havid Adhitama 
Lokasi Gunung Tampomas
Havid Adhitama
An Licenced Amateur Radio, Travel Enthusiast, Love about Nature, Sosio-Culture And Outdoor Activity.

Related Posts

5 comments

  1. Mantap postingannya.. Dan informasinya mas david lanjutkan...

    ReplyDelete
  2. Mantap postingannya.. Dan informasinya mas david lanjutkan...

    ReplyDelete
  3. Maaf gan, untuk wilayah administrasi dari Gunung Tampomas itu sendiri saat ini masuk kedalam Desa gentansari, Kec. Pagedongan Banjarnegara. Thank You :)

    ReplyDelete