Kawah Sikidang, kawah unik dataran tinggi Dieng



Kawah Sikidang adalah kawah aktif yang berada di dataran tinggi Dieng, tepatnya berada di desa Dieng kulon, Batur, Banjarnegara, atau sebelah timur komplek candi Arjuna, anda dapat menuju kawah Sikidang dengan berjalan kaki sejauh  1 km. dari komplek candi arjuna.
Kawah Sikidang adalah kawah vulkanik aktif sisa erupsi pegunungan Dieng pada masa lampau yang menyisakan kawah-kawah dan kaldera aktif, hingga saat ini,kawah tersebut masih mengeluarkan belerang dan lumpur panas dari perut bumi, 

menurut legenda, kawah Sikidang dahulunya dalah sebuah sumur yang dibuat oleh pangeran Kidang Garungan yang mencoba melamar putri shinta dewi namun  putri tersebut menolak lamaran pangeran karena ia bertubuh manusia tetapi berkepala kidang (rusa) dengan cara memerintahkan pangeran Kidang Garungan untuk membuat sumur dalam 1 hari sendirian tanpa bantuan orang lain dengan harapan ia tidak akan bisa menyelesaikan syarat tersebut dan pernikahan dibatalkan, namun melihat pangeran Kidang menggunakan kesaktianaya untuk membuat sumur tersebut dan hampir selesai maka putri memerintahkan pengawalnya untuk menimbun pangeran di dalam sumur, pangeran Kidang meminta tolong tetapi pengawal tetap menimbunya dan akhirnya ia tewas tertimbun tanah, sebelum ia tewas pangeran mengutuk bahwa semua anak keturunan di desa putri akan berambut gimbal. setelah ia tewas tiba-tiba sumur itu meledak dan mengeluarkan lumpur panas dan hingga saat ini sumur itu menjadi kawah Sikidang.

saat ini kawah sikidang sangat ramai dikunjungi karena keindahanya yang langka, baik dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah, disini fasilitasnya  juga memadai dan rapi, tempat parkir yang luas dan pasar oleh-oleh atau pernak-pernik yang tertata sehingga kawasan kawah Sikidang  terkesan rapi dan menarik untuk dikunjungi.

Di kawasan kawah Sikidang juga banyak hal yang menarik seperti terdapat penyewaan motor cross untuk menikmati tracking medan tanah berpasir dan berkeliling kawah sikidang menggunakan motor cross, selain itu pengunjung dapat berfoto dengan hewan-hewan unik seperti ular sanca dan burung hantu ataupun kuda. disini pengunjung juga bisa menikmati telur rebus yang direbus diatas kawah panas hingga matang.

jika anda berkunjung ke dataran tinggi Dieng, anda harus mampir ke Kawah Sikidang untuk menikmati suasa dingin dataran tinggi dieng dan menikmati keindahan alam yang tersaji di kawasan kawah Sikidang ini.
Ditulis dan di Post oleh Havid Adhitama  . Seluruh foto adalah dokumentasi penulis

Peta Lokasi Kawah Sikidang

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kawah Sikidang, kawah unik dataran tinggi Dieng"

Post a Comment