Serayu Penuh Sampah, siapa yang peduli?

Minim Kepedulian Pemerintah, Serayu Jadi Tempat Sampah


Minimnya kepedulian pemerintah dalam menyediakan tempat pembuangan sampah, menjadikan sungai Serayu dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah bagi warga disekitar alirannya. Hal itu terpantau oleh Tim Ekspedisi Serayu . Dari kawasan Desa Patak Banteng, Jojogan, Parikesit, hingga Kejajar Kabupaten Wonosobo, tepian sungai Serayu dijadikan sebagai tempat pembuangan Sampah. Hal itu diakui sendiri oleh Afifi, warga Desa Jojogan , bahwa warga sekitar Serayu memang banyak yang membuang sampah rumah tangga di sungai. 

Tak hanya sampah rumah tangga, sebagian pengrajin olahan buah carica yang berada di tepian Serayu juga kedapatan Tim Ekspedisi Serayu membuang sampahnya di Serayu. Bahkan, sampah pertanian juga dibuang oleh petani ke Serayu.



Semestinya Pemda di Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo menyediakan tempat pembuangan akhir yang representatif, agar kawasan Dieng dan juga DAS Serayu tidak dipenuhi sampah. 
Minimal Pemda menyiapkan tempat sampah yang mencukupi di kawasan wisata Dieng, agar para pengunjung tidak membuang sampah sembarangan. Saat puncak libur lebaran pengunjung dataran tinggi Dieng membludak sehingga di kawasan Dieng sangat banyak sampah. Hal itu  berpengaruh terhadap sampah yang dibuang ke Serayu, dikhawatir tahun-tahun mendatang aliran air Serayu berganti menjadi aliran sampah. Narasumber: Heni Purwono (Tim sosbud Eks. Serayu).
Posted By Havid Adhitama

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Serayu Penuh Sampah, siapa yang peduli?"