Ada Yang Baru Di Semarang! Great Stage Radjawali SCC

Stage Perfomance Hall Radjawali SCC
Beberapa waktu yang lalu saya menghadiri acara pra launching sebuah gedung pertunjukan kesenian dan kebudayaan baru di kota Semarang. Gedung  bernama Radjawali Semarang Cultural Center (SCC) ini merupakan perwujudan dari harapan para pelaku seni di Jawa tengah khususnya kota Semarang untuk memiliki panggung pertunjukan dengan sarana yang berkualitas tinggi.

Di awal acara, kami disambut oleh pak Andre Handrijana selaku general manager. Ia menyebutkan tujuan dibangunya  Radjawali SCC ini adalah untuk mewadahi pertunjukan kesenian dan kebudayaan lokal dengan balutan standar mutu pelayanan dan tempat yang tinggi, sehingga memungkinkan kebudayaan lokal untuk go internasional ketika tampil di Perfomance Hall Radjawali SCC.
Multifunction Hall Radjawali SCC

Ketika masuk ke area Radjawali SCC ini  saya merasa wahh, desain bangunannya sangat artisitik, kesan “kebudayaan” sangat nampak dari luar. Ketika masuk ke Multifunction Hall di lantai 1, desain minimalis dan elegan dari interiornya juga mengesankan.  Ohhiya, di Radjawali SCC ini terdapat tiga tempat utama yaitu:
  • Outdoor Plaza, tempat ini terdapat di area depan gedung, fungsinya yaitu sebagai sarana pegelaran outdoor, acara olahraga ataupun tempat berkumpulnya komunitas, selain itu juga difungsikan sebagai tempat parkir walaupun tempat parkir juga ada di basement gedung.
  • Multifunction Hall, sesuai namanya tempat ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan didalam ruangan semisal acara seminar, workshop ataupun gathering komunitas. Ruang ini memiliki luas sekitar 400 meter persegi, sangat cukup untuk menampung banyak orang. Di tempat ini juga saya dan para tamu undangan lainya di jamu.
  • Perfomance Hall, sebenarnya inilah ruangan inti dari Radjawali SCC. Sebuah Stage atau panggung  berukuran 16 x 7 meter, dilengkapi dengan Videotron LED berukuran  12x6 meter, Audio Speaker dan juga Lighting full Control. Di Perfomance Hall memiliki kapasitas 279 kursi penonton dengan seat yang empuk. Tentunya menonton di SCC ini akan memberikan sensasi yang berbeda!
Tentunya saya dan tamu lain tidak hanya melihat-lihat bangunanya saja, melainkan juga diberi kesempatan untuk  merasakan sensasi menonton pertunjukan secara langsung di performance hall sebelum Radjawali SCC di buka untuk umum.  Disini, kami menikmati pertunjukan Ballet yang dibawakan oleh Ballerina dari sanggar milik ibu Hellen yang cukup terkenal di Semarang.

Pertunjukan Ballet 

Kemudian penampilan  paduan suara dari Gratia Choir PSM UNIKA Soegijapranata, dan yang terakhir adalah pertunjukan dari Teater Senthir.
Pertunjukan Teater Senthir

Nahh, di saat pertunjukan seperti ini kami bisa menilai kualitas dari perlengkapan Audio dan visual dari Perfomance hall SCC ini. Untuk pertunjukan kreasi seni seperti ini sangatlah cukup, perlengkapan audio yang digunakan untuk pertunjukan sangat memadai, hanya saja menurut saya penempatan  Speaker terlalu fokus pada sisi kanan dan kiri depan, jadi ketika anda duduk di barisan kursi sebelah kanan akan merasakan ketimpangan suara, kuping kanan akan lebih peka. Begitu juga yang duduk di sebelah kiri, hal ini membuat posisi paling enak adalah di barisan kursi tengah karena imbang. Solusinya yaitu penambahan speaker utama di bagian belakang sebagai pengimbang audio, sehingga audio akan terdengar lebih jelas dan nyaman dari sudut manapun.
Interior di perfomance Hall 

Untuk perlengkapan lain sangat mumpuni menurut saya, termasuk layar LED raksasa yang mendisplay latar, tata  pencahayaanya, lampu sorot dan lampu penerang ruangan yang  full control. selain itu desain langit-langi di  Perfomance Hall juga sangat unik dan artistik.

Radjawali Semarang Cultural Center ini lokasinya sangat strategis, di tengah kota,  di Jl. Kapten Piere Tandean no.32 atau sedikit kearah utara dari Tugu muda. Overall, Sarana, Perlengkapan, gedung dan lokasi  Radjawali SCC ini sangat baik, termasuk  services dan tempat parkir, hanya saja mushola yang tersedia sebenarnyat tidak representatif, sempit, dan lokasinya menghadap toilet. Mungkin ini bisa dijadikan PR dari pengelola. Yang jelas, gedung ini prospek untuk perkembangan seni dan budaya Semarang ataupun Jawa tengah kedepanya.
Outdoor Plaza, bisa dijadikan parkiran jika Basement full 

Author

Radjawali Semarang Cultural Center
Jl. Kapten Piere Tandean No.32, Semarang, Jawa Tengah.Phone: +622486400090 / +628156692772 (Winny Aryani)More Info: RadjawaliScc.co.id



Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Ada Yang Baru Di Semarang! Great Stage Radjawali SCC"