10 Barang Yang Harus Dibawa Ketika Solo Riding!

Beberapa kali saya melakukan solo riding, ternyata ada hal-hal yang  mempermudah perjalanan saya ketika berada di lokasi antah berantah.  Salah satunya yaitu Packing dan  mempersiapkan barang-barang apa saja yang akan dibawa dan dibutuhkan ketika perjalanan.

Sebenarnya ini bersifat relatif, karena kebutuhan orang mungkin  berbeda-beda, tapi kali ini saya membuat list yang umum versi saya sendiri:

Daypack 35 liter

Daypack 35L

Ini merupakan barang paling dasar, sebab tanpa tas mungkin kita tidak bisa membawa barang-barang kita dengan leluasa. Alasan kenapa saya memilih daypack ukuran 35 liter adalah kapasitasnya yang pas, sebab daypack semi carrier ini bisa memuat perlengkapan saya untuk satu minggu perjalanan.
Disisi lain, daypack semi carrier ini sangat nyaman digunakan ketika tracking ataupun ketika mengendarai sepeda  motor karena terdapat bantalan busa tebal, waistbelt, cheeststrap dan frame alumunium di dalamnya sehingga postur tubuh saya tetap tegap dan tidak pegal-pegal walaupun membawa beban berat berjam-jam. Ada banyak macam Daypack Semi carrier yang tersedia dipasaran, sesuaikan saja dengan kebutuhan. Untuk daypack yang saya miliki ini merupakan keluaran dari Consina dengan seri Great Slave 35L, harganya berkisar 525 ribuan.

Multifunction Jacket



Sesuai namanya, barang ini merupakan Jaket multifungsi. Kenapa harus multifungsi?  karena selain praktis saya ingin mengurangi barang bawaan. Jaket  ini berupa setelan jaket dan celana yang anti air tetapi sangat ringan dan tahan cuaca. raincoat ini berbahan Goretex, yang memiliki kemampuan untuk menahan air tetapi bersifat breathable sehingga ketika memakai jaket ini saya tidak merasa gerah walaupun cuaca panas. Bahan Goretex ini  tidak kaku seperti mantel pada umumnya sehingga juga bisa digunakan untuk harian. Raincoat yang saya punyai ini keluaran The North Face, tetapi ini merupakan CMT atau bahan original The North Face yang dijahit oleh produsen lokal, harganya berkisar 350 ribuan, jika tertarik anda bisa membelinya disini.

 Travel Pouch

Travel Pouch

Travel pouch merupakan tas slempang kecil multifungsi, biasanya saya gunakan untuk menaruh peralatan kecil yang sering dibutuhkan seperti HP, Powerbank, Dompet, Kacamata, serta Headseat. Travel pouch selalu saya gunakan beriringan dengan daypack, jadi ketika saya memerlukan barang-barang diatas, tidak perlu membongkar daypack, cukup meraihnya dengan mudah. Travel pouch yang saya miliki merupakan keluaran dari Eiger, mungkin sekarang harganya berkisar antara 150-300 ribuan.

Rain Cover

Rain Cover

Rain cover juga sangat vital, apalagi ketika melakukan perjalanan di musim hujan, ini sangat membantu untuk melindungi tas beserta isinya dari air hujan, selain itu rain cover juga bisa melindungi tas dari lumpur ataupun debu selama perjalanan. banyak macam raincover yang dijual dipasaran, saya merkomendasikan kalian membeli rain cover berbahan taslan balon karena lebih awet dan kuat.  Rain cover milik saya merupakan bawaaan ketika membeli daypack, tetapi ada juga yang diijual terpisah harganya sekitar 60 ribuan.

Headseat


Kenapa saya memasukanya sebagai barang wajib? Sebab ini yang bisa membantu saya ketika tidak mengetahui jalan. Headseat saya gunakan untuk mendengarkan voice navigation dari google maps ketika menuju suatu tempat, jadi tidak perlu berhenti membaca peta, saya tinggal mendengarkan direksi dari aplikasi gmaps di android saya.

Buff


Sebenarnya ini opsional, tetapi sangat penting. Kalian bisa menggantinya menggunakan masker biasa atau masker anti kimia, yang penting pernafasan kita tidak langsung terpapar oleh debu jalanan. Keuntungan dari penggunaan buff adalah bisa digunakan berkali-kali, selain itu buf bisa melindungi leher kita dari terpaan angin. Buff di pasaran harganya sekitar 20-50 ribu.

Botol Air


Bagi saya ini wajib, sebab kadang kala ketika saya melintasi jalan-jalan di pelosok daerah, sangat sulit untuk menemui warung kopi atau penjual minuman. Maka dari itu saya selalu membawa air dalam botol untuk menghidrasi diri saya ketika berada di lokasi yang sulit.

Travel organizer

Saya merasa Travel organizer ini juga penting, sebab travel organizer berfungsi untuk mem-packing barang sesuai prioritas, jumlah dan ukuranya sehingga pakaian dan peralatan lain bisa masuk ke daypack dengan mudah, dan ketika kita membutuhkan barang didalam daypack kita bisa mencarinya dengan mudah pula. Saya belum memiliki travel organizer yang khusus, disini saya menggunakan totebag mini untuk mem-packing barang bawaan.

Tool Kits Motor

Tool Kits KLX

Ketika melakukan solo riding, ini sangat krusial, sebab walaupun kita sudah memastikan sepeda motor kita sehat dan layak jalan, kita tidak tau jika diperjalanan nanti sepeda motor akan mengalami trouble, jadi perlu dipersiapkan alat-alat sederhana seperti tang, obeng, kunci pas, kunci busi dan membawa busi cadangan karena busi sangat terpengaruh oleh cuaca dan kelembaban udara disekitar.

 Uang pecahan kecil dan Obat pribadi


Dan yang terakhir yaitu uang receh dan obat, uang receh biasanya saya gunakan untuk pak ogah dijalan ataupun ketika mampir ke toilet, biasanya saya tempatkan di saku travel pouch yang mudah dijangkau.
Saya juga selalu membawa obat pribadi, bukan karena apa-apa, tetapi saya mengatisipasi jika tiba-tiba merasa tidak enak badan ditengah perjalanan, biasanya saya membawa parasetamol tablet.

Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat! Salam sedulur sajalur! Lestari!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Barang Yang Harus Dibawa Ketika Solo Riding!"

Post a Comment