VAw4HBTsJIe15camAdLyxmr6Gko2NgDKdvrlkFP2

Ada Apa Di Wapitt? Wana Wisata Jumprit Temanggung

 

Monyet di Sekitar Jumprit

Jumprit, merupakan nama sebuah mata air yang berada di kecamatan Ngadirejo, Temanggung, Jawa Tengah. Namun, seiring berjalanya waktu, Jumprit kian dikenal dengan berbagai wisata unik lainya, dari wisata spiritual hingga tempat rekreasi keluarga yang menarik.

Mata air Jumprit sebenarnya disakralkan oleh umat Budha di wilayah Temanggung. Lokasi ini dijadikan tempat pengambilan air suci untuk upacara Waisak setiap tahunnya. Akan tetapi, narasi yang berkembang di masyarakat sekitar lebih merujuk pada hal spiritual. Bukan sekadar mata air, namun menjadi tempat untuk bertapa dan juga spot pesugihan.

Umbul Jumprit -  Src: Dimas

Terlepas dari cerita dan kepercayaan yang berkembang di masyarakat sekitar, Jumprit bagi saya merupakan lokasi yang menarik. Sebab tiap kali lewat di lokasi ini,  saya bisa melihat dan berinterkasi langsung dengan monyet-monyet liar yang memang hidup di hutan dekat mata air Jumprit. Biasanya mereka berlarian di jalan raya dan bergelantungan di pohon yang berada di tepi jalan.

Selain mata air yang dijadikan lokasi wisata spiritual, di sini juga terdapat spot yang cocok untuk rekreasi bersama teman ataupun keluarga. Spot tersebut Bernama Wapitt, Wana Wisata Jumprit. Spot ini menyediakan berbagai fasilitas untuk aktifitas seperti Camping Ground, Outbond, Flying fox, Memanah, High rope dan juga tempat ngopi yang kece.

Beberapa bulan yang lalu, saya sempat ngopi di Wapitt bersama teman-teman. Kebetulan saat itu malam minggu dan terdapat live music jazz yang makin menambah feels ngopi bersama teman-teman makin seru. Tempat ngopi di sini berupa warung-warung bivak yang berjejer. Sehingga kita bisa bebas memilih tempat mana yang sekiranya cocok dengan kita.

Selain kopi, di sini juga disediakan berbagai snack dan makanan berat. Tentu dengan harga yang ramah di kantong. Wapitt ini ternyata menjadi opsi orang-orang Temanggung kota untuk dijadikan lokasi refreshing. Lokasinya cukup strategis dan bisa dijangkau dari berbagai wilayah. Suasana di lereng timur laut gunung Sindoro ini menjadi lokasi yang pas untuk menikmati hawa dingin pegunungan. Saat saya berkunjung ke sini, kabut turun dan menambah suasana live music yang ada semakin syahdu.

Lupa ga Foto, cuma ada video live music bonus kabut. Screenshotan saja hehe

Wapitt buka dari jam 9 pagi hingga malam, khusus untuk malam minggu biasanya terdapat live music. Untuk waktu yang cocok untuk berkunjung ke Wapitt ini  mungkin bisa di sesuaikan, jika bersamakeluarga dan membawa anak idealnya di pagi  hari. Namun jika ingin merasakan suasana yang menarik, teman-teman bisa datang ke Wapitt ini di malam hari.

Havid Adhitama
An Licenced Amateur Radio, Travel Enthusiast, Love about Nature, Sosio-Culture And Outdoor Activity.

Related Posts

Post a Comment