VAw4HBTsJIe15camAdLyxmr6Gko2NgDKdvrlkFP2

Review Aki Yuasa YTX7L-BS, Baterai VRLA tahan 5 tahun!

Kali ini saya akan mengulas sebuah baterai jenis VRLA (Valve Regulated Lead Acid) atau yang sering kita sebut sebagai AKI Kering. Baterai ini merupakan produk dari Yuasa Battery dengan seri YTX7L-BS 6Ah yang sudah saya pakai selama 5 tahun untuk motor Kawasaki KLX150.

Sebenarnya agak diluar ekspektasi ketika baterai Yuasa ini bisa bertahan selama 5 tahun, sebab pada umumnya aki kering tipe MF atau Maintenance Free ini hanya memiliki daya pakai rerata maksimal 3 tahun. YTX7L-BS ini merupakan aki bawaan dari KLX150, sehingga aki ini merupakan part OEM dari Kawasaki. Ini berbeda dengan Honda yang menyematkan aki produksi dari Astra.

KLX150 yang saya miliki ini produksi 2016, sejak baru saya tidak mengetahui jenis aki yang dipakai hingga akhirnya pada tahun 2019 aki drop motor sudah tidak bisa distarter baru saya cek jenis dan tipe aki yang disematkan oleh Kawasaki. Itu merupakan momen pertama kali saya mengganti aki dari KLX150 ini, terhitung 3 tahun (2016-2019) semenjak pertama kali pemakaian hingga akhirnya saya membeli aki yang sama persis dengan bawaan pabrik yaitu Yuasa seri ini.

Agak heran dengan Aki ini, sebab harganya hampir 2x lipat dibanding merk GS Astra, Mottobat, NS dll untuk aki kering dengan kapasitas yang sama. Namun saya tetap memilih membeli Aki OEM ini daripada risiko ketika dipasang menimbulkan masalah baru, sebab motor ini selalu saya pakai untuk commuter Banjarnegara – Semarang. Dengan pertimbangan tersebut saya ganti aki yang drop tersebut dengan seri yang sama seharga 450 ribu di tahun 2019.

Baru ketika aki sudah dipasang, saya mencari review rekan-rekan sesama user KLX150 di forum Facebok, ternyata pilihan saya tepat! Beberapa kasus user lain yang memakai Aki subtitusi merk lain, mereka mengalami kebocoran pada Aki karena posisi Aki pada KLX150 itu tidur, sedangkan aki seperti GS, Mottobat dll tidak didesain untuk posisi horizontal karena memiliki ventilasi khusus di bagian atas yang harus senantiasa terekspos dengan udara, ketika Aki ini ditidurkan maka cairan elektrolit di dalam aki akan merembes keluar.

Posisi Aki KLX150 horizontal di bawah jok

Nahh, hal ini yang membedakan dengan Aki Yuasa seri YTX7L-BS ini, Aki ini tidak terpengaruh oleh posisi pemasangan karena full sealed. Jadi benar-benar kedap dan ketika dipasang dengan posisi tidur tidak akan terjadi rembes cairan elektrolit yang berpotensi merusak komponen lain karena bersifat asam (H2SO4). Desain Aki Yuasa YTX7L-BS ini memang khusus untuk kendaraan dengan vibrasi tinggi dan juga kendaraan dengan orientasi yang tidak terprediksi, sebab aki ini juga diperuntukan untuk jetsky, ATV bahkan Snow Mobile.

Kemudian yang saya suka dari aki ini adalah ketika kondisi baru, cairan elektrolit dan juga sel aki masih dalam keadaan terpisah. Hal ini menguntungkan bagi konsumen karena tanggal produksi dan juga lama aki tersimpan di gudang tidak mempengaruhi kondisi. Aki benar-benar aktif ketika mau dipasang, cairan elektrolit ini baru dimasukan ke sel melalui packing khusus yang sangat mudah dituang. Tentu berbeda dengan merk lain yang sudah terisi elektrolit sejak keluar dari pabrik, jika kita membeli aki yang sudah tersimpan lama di gudang tentu kondisi selnya sudah tidak 100% seperti baru karena elektrolit asam sulfat akan bereaksi terus menerus dengan sel,  lambat laun sel akan terdegradasi dan mempengaruhi performa.

Pengisian Elektrolit dari Packing  Terpisah

Sejak terakhir mengganti aki di tahun 2019, baru kemarin Maret 2024 aki drop lagi. Sempat saya charge namun drop lagi, mengingat umurnya yang sudah 5 tahun sangat wajar aki ini untuk diganti. Namun sebelum saya membeli aki, saya memeriksa jalur pengisian aki dari spul dan voltage regulator terlebih dahulu untuk memastikan jalur pengisian normal. Sebab jika ternyata aki drop karena pengisianya yang bermasalah, maka membeli aki baru adalah hal yang sia-sia. Untuk itu saya memastikan semuanya normal sebelum memutuskan membeli aki baru.

Paket dalam kardus, Sel masih tersegel 

Saya rasa Yuasa YTX7L-BS ini sangat cocok untuk motor trail KLX150 ataupun Dtracker, mungkin jika hanya berpatokan pada ukuran dan kapasitas 6Ah 12V sangat banyak subtitusi aki yang lebih murah, namun mengingat konfigurasi aki pada KLX150 memiliki posisi tidur, saya belum menemukan opsi lain yang lebih baik dari aki ini untuk menghindari kebocoran. Aki ini juga kompatibel untuk motor selain Kawasaki KLX150, yaitu antara lain Honda CBR 600CC, Suzuki GS 400CC, Vespa Matic 150 series, Kawasaki KSR dan Kawasaki W175.

Saya cek harga aki ini di official store Yuasa terakhir memiliki harga Rp.455.000, namun karena ongkirnya agak mahal saya putuskan membelinya di bengkel dekat daerah saya seharga Rp. 480.000. naik sekitar 30 ribu dibandingkan 5 tahun yang lalu. Berikut spesifikasi teknis dari aki Yuasa YTX7L-BS:

 

Tegangan                    : 12 Volt

Kapasitas (10 Hr)        : 6Ah - 100cca

Laju Pengisian            : 0.7 A

Isi Elektrolit                : 330ml

 

Ukuran Maksimum                 

P (Panjang)     : 114 mm

L (Lebar)         : 71 mm

T (Tinggi)       : 131 mm

Harga Yuasa YTX7L-BS di kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

Havid Adhitama
An Licenced Amateur Radio, Travel Enthusiast, Love about Nature, Sosio-Culture And Outdoor Activity.

Related Posts

Post a Comment